Badai Irma Sapu Bersih Wilayah Florida, Miami, South Carolina

Badai Irma Sapu Bersih Wilayah Florida, Miami, South Carolina

- in Internasional
157
0
foto: breakingnews

LINES Indonesia – Florida akhirnya disapu bersih oleh Badai Irma yang berkecepatan 300km/jam ini. Sekitar satu juta rumah putus listrik dan banjir juga masih menggenangi jalan-jalan di Florida. Bahkan hal ini juga menimpa wilayah Miami dan South Carolina yang terkena imbas banjir meski tidak dilewati badai ini.

Badai Irma dikategorikan sebagai badai Atlantik kategori lima yang merupakan peringkat badai tertinggi yang digunakan di Amerika Serikat. Pusat Huriken Nasional AS (NHC) di Miami telah memperkirakan sebelumnya mengenai pergerakan angin besar ini yang mengarah ke Florida meski lintasannya tak terprediksi. Saat kejadian, kategori badai diturunkan menjadi posisi tiga, namun pesisir barat Florida diterjang angin dengan kekuatan 209km/jam.

Setelah diumumkan peringatan kedatangan badai Irma, penduduk di sekitar wilayah Florida, Miami dan sekitarnya diperintahkan untuk mengungsi, berlindung ke tempat yang lebih aman. Peringatan itu tidak lain untuk mempersiapkan kemungkinan terburuk. Mengingat apa yang terjadi di Texas beberapa waktu lalu yang dihampiri badai Harvey, menghancurkan hampir sepanjang pantai Texas dan Lousiana. Praktis, para warga dan pengunjung-pengunjung pulau mulai mengungsi pada Rabu lalu (6/9).

Jumlah pengungsi diperkirakan mencapai 6,3 juta jiwa dan korban tewas diperkirakan 27 orang oleh badai yang sebelumnya melintasi Kepulauan Karibia ini. Uniknya, laut di kepulauan Bahama sempat mengering akibat dilewati badai Irma yang datang dari arah laut ke darat. Menurut pakar cuaca Angela Fritz, dilansir Viva mengatakan bahwa, “Pada dasarnya badai ini berkekuatan tinggi dan tekanannya rendah, sehingga menarik air kearah pusatnya. Hal ini bukan penyebab tsunami, nantinya air akan kembali lagi ke pantai.

Badai ini pertama kali terlihat di lepas pantai Kepulauan Tanjung Verde pada akhir Agustus sebelum bergerak menuju Karibia dan AS. Gelombang tropis yang bertemu dengan air ekuator hangat saat menuju barat dan menghasilkan udara lembab hangat naik dari laut. Hal ini juga menjadi penyedia bahan yang membuat angin tropis itu menjadi angin topan.

Pasca bencana itu, Florida menyisakan banjir parah yang menutup jalan-jalan hingga tak terlihat. Dilaporkan kepolisian Jacksonville, sebelah timur laut Florida, banjir itu berukuran setinggi pinggang orang dewasa. Warga diingatkan untuk tidak keluar rumah dan berhati-hati terhadap aligator atau buaya.