Gunung Dempo nan Ramah di Bumi Besemah

Gunung Dempo nan Ramah di Bumi Besemah

- in Nasional, News, Olahraga, Travel, Umum
220
0
Gunung Dempo - doc. LINESIndonesia.com

LINESIndonesia.com – Salah satu destinasi pendakian gunung favorit di pulau Sumatera, khususnya Sumatera Selatan, adalah Gunung Dempo. Gunung dengan ketinggian 3.159 mdpl ini terletak di bumi Besemah kota Pagar Alam Sumatera Selatan, atau lebih tepatnya lagi bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 8 jam dari kota Palembang.

Untuk menuju basecamp pendakian Gunung Dempo dari kota Pagar Alam pun cukup dekat dan mudah, yaitu sekitar 7 km atau sekitar 20 menit dari terminal kota Pagar Alam. Jika Anda menggunakan alat transportasi umum bisa menyewa mobil bak untuk menuju trek pendakian.

Bagi Anda yang tinggal di pulau Jawa atau lainnya untuk mempersingkat waktu perjalanan Anda bisa menggunakan pesawat Trans Nusa yang bertujuan langsung di kota Pagar Alam. Dan dari bandara Atung Bungsu Pagar Alam hanya membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk menuju terminal kota dengan menggunakan mobil bak sewaan tersebut.

Saat Anda mulai melakukan perjalanan menuju basecamp pendakian Gunung Dempo, Anda akan melewati perjalanan yang menyenangkan, karena sepanjang perjalanan menuju batas pendakian, hamparan luas kebun teh yang asri nan ramah akan menyapa perjalanan Anda dengan landscape pemandangan kota Pagar Alam dari ketinggian.

Kebun Teh lereng Gn. Dempo – doc. LINESIndonesia.com

Di lereng kebun teh Gunung Dempo ini tak jarang wisatawan yang mengunjungi kebun teh untuk sekedar melepas penat. Banyak dijumpai pada setiap titik spot yang cukup untuk bersantai ria baik dengan keluarga atau kerabat.

Sesampainya dibatas pendakian Gunung Dempo atau disebut dengan Tugu Rimau yang berada pada ketinggian sekitar 1.900 mdpl inilah Anda bisa mulai melakukan pendakian. Disana terdapat fasilitas yang cukup baik seperti tersedianya, musholla, toilet umum, parkir motor dan mobil yang cukup,  serta penjual makanan kecil, cukup untuk beristirahat sejenak dan mengumpulkan tenaga sebelum melakukan pendakian.

Tugu Rimau juga merupakan batas akhir pengunjung kebun teh lereng Gunung Dempo. Namun sangat disayangkan adalah ketika turunnya kabut dan mendung (hujan lokal) sepanjang perjalanan menuju batas pendakian, jadi sebelumnya Anda memang harus matang-matang menyiapkan peralatan pendakian/hiking, dan jangan lupa agar tidak membuang sampah sembarangan sebagai wujud kontribusi kita sebagai warga Indonesia yang baik demi berlangsungnya kelestarian alam Indonesia.

Salam Lestari 🙂