Bahaya Menggunakan Gadget Menjelang Tidur

Bahaya Menggunakan Gadget Menjelang Tidur

- in Kesehatan
324
0

LINES Indonesia – Sulit pastinya ketika kita sudah terbiasa menggunakan smartphone dan harus meninggalkan smartphone tersebut untuk beberapa waktu atau ketika melakukan aktivitas tertentu.

Tetapi banyak yang terlalu kecanduan smartphone hingga sebelum tidur pun sempat mengecek smartphone walaupun tidak ada tujuan tertentu dan dalam keadaan gelap pula. Hal ini tentunya sudah menjadi tidak baik jika dilakukan terus menerus.

Masalah ini disebabkan oleh cahaya biru yang dipancarkan oleh smartphone yang sebenarnya berguna untuk membuat pengguna bisa melihat layar dengan nyaman di bawah sinar matahari. Tetapi dalam penggunaan gelap, cahaya smartphone yang terlalu terang justru tidak baik untuk kesehatan dan malah dapat berbahaya bagi tubuh kamu. Berikut ini beberapa bahaya bermain HP sebelum tidur yang berefek pada tubuh kamu.
“Lampu terang saat waktu tidur akan menekan produksi melatonin, akibatnya, jam tidur akan tertunda dan memengaruhi jam tubuh,” kata Jim Horne, peneliti dari Loughborough University.

Bahaya menggunakan smartphone sebelum tidur :

  1. Kerusakan Mata

Cahaya biru dari smartphone akan membuat retina mata menjadi tegang. Hal ini tentu akan menjadi lebih parah jika kamu intens menggunakan smartphone setiap hari. Belum lagi penggunaan perangkat lain seperti laptop dan komputer. Cahaya biru tersebut akan membuat mata cepat lelah, bahkan para peneliti mengatakan bahwa kebiasaan ini jika dilakukan terus menerus bisa memicu katarak.

2. Mengantuk Sepanjang Hari

Paparan sinar biru di malam hari akan memberi dampak panjang. Saat keesokan harinya, Anda akan mengantuk seharian. Hal ini disebabkan karena adanya perubahan metabolisme harian tubuh yang berjalan lebih lambat. Metabolisme yang berjalan lebih lambat ini akan melambatkan waktu aktivitas Anda di pagi harinya.

3. Gangguan Saraf

Kebiasaan menggunakan smartphone sebelum tidur hingga menyebabkan kamu kurang tidur akan membuat neurotoxin meningkat. Hingga akhirnya menyebabkan akan sulit kamu mendapatkan tidur yang nyenyak atau biasa disebut tidur berkualitas. Tentu saja bahaya menggunakan hp sebelum tidur ini bisa berakibat ke penyakit serius lainnya.

4. Meningkatkan Risiko Kanker

Sesekali, menggunakan gadget menjelang tidur memang tak masalah. Yang berbahaya adalah saat hal ini dilakukan berulang kali. Hal ini bisa menimbulkan risiko kanker.

Menurut penelitian yang dimuat dalam European Journal of Cancer Prevention, paparan sinar buatan ini akan meningkatkan risiko kanker payudara pada perempuan sebanyak 17 persen. Penelitian lainnya juga menemukan bahwa pekerja malam lebih berpotensi lebih tinggi terserang kanker atau tumor payudara karena sering terpapar sinar ini. Dugaannya, sinar biru dari lampu buatan ini akan mengurangi produksi melatonin dan meningkatkan produksi hormon estrogen yang memicu kanker payudara.

(wicak/lines)