Begini Cara Mencegah Kanker Serviks

Begini Cara Mencegah Kanker Serviks

- in Kesehatan
299
0
Serviksfoto: hellosehat

LINES Indonesia – Kanker serviks adalah momok yang menakutkan bagi setiap wanita, tapi tidak usah khawatir, begini cara mencegah penyakit kanker serviks secara medis.

Kanker serviks merupakan kanker yang terjadi pada leher rahim wanita. Leher rahim merupakan suatu organ dalam kewanitaan yang berfungsi sebagai pintu masuk untuk menuju ke dalam rahim dari vagina. Setiap wanita tentunya mempunyai resiko yang sama untuk menderita kanker serviks. lalu bagaimanakah cara mencegah penyakit kanker serviks?

Kanker serviks ketika baru memasuki tahap awal tidak akan mempunyai gejala. Adapun gejala kanker serviks yang umumnya terjadi yaitu terjadinya pendarahan pada vagina Anda setelah melakukan hubungan seks, terjadinya pendarahan setelah terjadinya menopause, dan pendarahan yang terjadi di luar siklus menstruasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir, sebab meskipun terjadi pendarahan, tidak berarti Anda positif terkena kanker serviks. Cara untuk memastikan apakah Anda terkena kanker serviks adalah dengan berkonsultasi dengan dokter spesialis Anda.

Penyebab Kanker Serviks

Berdasarkan penelitian, kanker serviks disebabkan oleh human papillomavirus (HPV), yaitu kumpulan jenis virus yang dapat menyebabkan kutil pada bagian tangan, alat kelamin dan kaku. Virus HPV kebanyakan tidak berbahaya, akan tetapi terdapat beberapa jenis HPV yang dapat mengganggu sel-sel pada leher rahim sehingga memicu terjadinya kanker. Pada umumnya virus HPV ditularkan melalui hubungan seksual.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda yang aktif melakukan hubungan seks untuk memakai alat pengaman seperti kondom dan lainnya agar mengurangi resiko terjadinya infeksi. Ketika Anda terinfeksi virus HPV, maka secara otomatis sistem kekebalan tubuh Anda akan mencegah virus melukai rahim. Akan tetapi bagi sebagian wanita, virus HPV dapat bertahan hidup selama bertahun-tahun. hal inilah yang menyebabkan sel-sel pada permukaan leher rahim berubah menjadi sel kanker.

Cara Mencegah Penyakit Kanker Serviks

Cara mencegah penyakit kanker serviks yang paling utama adalah mencegah agar virus HPV tidak tertular. Sekitar 99 persen terjadinya kanker serviks disebabkan oleh virus HPV. adapun cara mencegah penykait kanker serviks yang biasanya dilakukan adalah dengan melakukan hubungan seks secara aman, selalu setia kepada pasangan, melakukan screening secara rutin pada leher rahim, melakukan vaksinasi, serta menghentikan kebiasaan merokok.

Pada kebanyakan kasus mengenai penyakit kanker serviks ini selalu berhubungan dengan infeksi akibat virus HPV jenis tertentu. Terjadinya penyebaran virus ini akibat hubungan seksual yang tidak aman. Oleh karena itu sangat disarankan untuk selalu menggunakan kondom saat berhubungan seksual agar dapat mengurangi resiko terinfeksi virus HPV.

Perlu Anda perhatikan bahwa resiko tertularnya HPV akan semakin meningkat seiring dengan semakin banyaknya jumlah pasangan seksual seseorang. Akan tetapi wanita yang hanya mempunyai satu pasangan pun ternyata dapat terinfeksi virus ini apabila pasangannya ternyata mempunyai banyak pasangan dalam berhubungan seksual lainnya.

Cara mencegah penyakit kanker serviks adalah dengan melakukan screening atau pap smear, yaitu sebuah metode yang digunakan untuk dapat mendeteksi sel-sel yang berpotensi menyebabkan terjadinya kanker. Pap smear pada leher rahim bukanlah tes untk kanker, akan tetapi tes ini dilakukan hanya untuk memeriksa kesehatan pada sel-sel yang terdapat pada leher rahim. biasanya kebanyakan hasil tes menunjukkan hasil yang normal, untuk itu jangan pernah merasa takut untuk melakukan pap smear secara teratur.

Untuk wanita yang telah berusia 25 hingga 49 tahun, disarankan untuk melakukan tes pap smear setiap tiga tahun sekali. Sedangkan bagi wanita yang telah berusia 50 hingga 64 tahun, disarankan untuk melakukan tes pap smear sebanyak sekali dalam lima tahun.

Selain melakukan pap smear, cara mencegah penyakit kanker serviks lainnya adalah dengan melakukan vaksinasi HPV. Vaksinasi ini akan melindungi wanita dari infeksi segala jenis virus yang dapat menyebabkan kanker serviks. Menurut penelitian, melakukan vaksin sangatlah efektif jika diberikan kepada gadis yang belum aktif secara seksual. Vaksin HPV dapat mengurangi resiko terjadinya kanker serviks, namun tidak menjamin Anda terbebas dari kanker serviks.

Oleh karena itu sangat disarankan bagi Anda untuk tetap melakukan tes pap smear secara rutin meskipun Anda telah melakukan vaksinasi HPV agar Anda terhindar dari kanker serviks.

Itulah informasi mengenai cara mencegah penyakit kanker serviks. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Jika Anda ingin mengetahui informasi ini secara lebih lengkap, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan staff medis kami melalui tombol konsultasi di bawah ini.