Raih Trofi Liga Europa, MU Jadi Klub Inggris Paling Sukses

Raih Trofi Liga Europa, MU Jadi Klub Inggris Paling Sukses

liga europaMU raih title juara liga europa

LinesIndonesia – Setelah berhasil meraih trofi Liga Europa, kini The Red Devils menjadi klub Inggris yang mempunyai raihan gelar juara terbanyak dengan mengungguli Liverpool.

Hal ini terjadi setelah MU berhasil memenangkan pertandingan final Liga Europa melawan klub asal Belanda, Ajax Amsterdam. Pada pertandingan yang ditayangkan secara langsung di Friends Arena, Stockholm, Kamis (25/5) dini hari WIB, MU berhasil memenangkan pertandingan dengan skor akhir 2-0.

Gol pertama “Setan Merah” dilesakkan oleh gelandang asal Prancis Paul Pogba, dan gol kedua dilesakkan oleh winger lincah mereka asal Armenia Henrikh Mikhtaryan.

Trofi ini menjadi trofi ketiga MU bersama Mou di musim ini, setelah mendapatkan Piala Liga Inggris dan Community Shield. Tentunya hal ini bukanlah musim yang buruk bagi Mou dan MU dengan raihan tiga trofi tersebut.

Dengan meraih trofi ini tentunya menjadikan lemari trofi MU menjadi penuh dengan berisikan 42 piala, lebih banyak satu trofi dari rival abadi mereka Liverpool, sekaligus menjadi bukti shahih sebagai klub Inggris paling sukses saat ini.

liga europa
Henrikh Mikhtaryan dan Paul Pogba tokoh sentral permainan MU

Sepanjang sejarah, MU telah mengoleksi 20 titel Liga Inggris, 12 Piala FA, lima Piala Liga Inggris, tiga trofi Liga Champions, satu trofi Liga Europa, dan satu Piala Winners.

Selain MU dan Liverpool, Arsenal menjadi klub Inggris ketiga yang mempunyai trofi terbanyak, yaitu sebanyak 29 trofi. Akan tetapi, dari 29 trofi tersebut, Arsenal hanya meraih dua trofi yang berasal dari kompetisi Eropa, disusul Chelsea dengan 22 trofi, dan Aston Villa dengan 20 trofi.

“Setan Merah” pun berhasil menciptakan sejarah dengan menjadi klub kelima yang mampu menyapu bersih semua trofi dari kompetisi Eropa. Dimulai dari Liga Champions, Liga Europa/ Piala UEFA, dan Piala Winners. Sebelumnya telah ada beberapa tim yang telah mencapai raihan tersebut yaitu Ajax, Bayern Munich, Juventus, dan Chelsea.

Selain Manchester United yang berhasil mengukit sejarah, Mou pun berhasil menjadi pelatih pertama yang mampu meraih semua trofi dari kompetisi level Eropa lebih dari sekali, dan mensejajarkan dirinya dengan Rafael Benites dan Udo Lattek sebagai satu-satunya manajer yang mampu memenangkan kompetisi antar klub Eropa dengan tiga klub yang berbeda.

Selain itu, Mou kini juga disejajarkan dengan deretan pelatih legendaris lainnya, seperti Bob Palsley dan Nereo Rocco dengan mengoleksi empat trofi kompetisi Eropa, dan hanya berselisih satu trofi dari pelatih yang mengoleksi trofi kompetisi Eropa terbanyak, yaitu Giovanni Trapattoni.

Dalam petikan wawancaranya, seperti dilansir Soccernet mengatakan bahwa trofi ini merupakan trofi terpenting dalam karirnya, hal ini dikarenakan trofi ini merupakan prioritas terakhir dirinya.

“Bagi saya ini adalah trofi terpenting dalam karir saya, karena ini benar-benar menjadi prioritas terakhir.” ucap Mou.