Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

Tips Menjaga Kesehatan Selama Bulan Ramadhan

tips menjaga kesehatan selama bulan ramadhan

LinesIndonesia – Perlu Anda ketahui bahwa puasa mempunyai banyak manfaat, tentunya apabila dilakukan dengan cara yang sehat. Pada artikel kali ini akan dibahas beberapa tips menjaga kesehatan selama Ramadhan.

Melakukan puasa pada siang hari tidak akan menjadikan tubuh menjadi lesu jika pola makan betul-betul telah disiasati dengan benar. Hal ini bertujuan agar tubuh dapat selalu tetap sehat dan bugar dalam menjalankan segala aktivitas sehari-hari. Terlebih lagi jika telah memasuki bulan Ramadhan, selain membuat Anda lebih dekat kepada Allah, tentunya Anda juga akan menjadi individu yang lebih sehat dibandingkan saat sebelumnya.

Lalu bagaimanakah tips menjaga kesehatan selama bulan ramadhan yang baik dan efektif bagi tubuh? Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama bulan ramadhan yang baik dan efektif untuk tubuh Anda, yaitu:

Tips menjaga kesehatan selama ramadhan saat sahur

  • Atur selalu waktu Anda saat santap sahur, usahakan melakukan santap sahur di akhir waktu. Hal itu karena selain berguna untuk menunjang puasa saat memasuki waktu siang hari, makan sahur di akhir waktu juga adalah salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW.
  • Makanlah santap sahur Anda dengan porsi yang normal dan tidak berlebihan. Utamakan mengkonsumsi makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat kompleks dan protein, serta buah dan sayuran. Usahakan untuk mengkonsumsi makanan yang mempunyai kandungan air sangat banyak, hal ini bertujuan agar Anda tidak terkena dehidrasi sepanjang hari.
  • Selalu akhiri santap sahur Anda dengan meminum segelas susu, hal ini bertujuan agar melengkapi kadar nutrisi yang terdapat pada tubuh Anda. Minumlah selalu suplemen atau multivitamin yang biasanya Anda konsumsi ataupun yang telah disarankan oleh dokter Anda.
  • Disarankan untuk membatasi dalam mengkonsumsi makanan yang terlalu manis dan mengandung banyak gula, sebab hal tersebut justru akan membuat tubuh Anda menjadi lemas saat siang hari.
  • Minumlah cukup air sebelum waktu imsak tiba, minimal tiga hingga lima gelas. Disarankan bagi Anda untuk tidak mengkonsumsi minuman yang mempunyai kandungan kafein seperti kopi dan teh, hal itu dikarenakan minuman tersebut bersifat diuretik dan justru akan membuat tubuh Anda mudah kehilangan cairan dengan sangat cepat melalui urinasi.

Tips menjaga kesehatan selama ramadhan saat berpuasa

  • Saat waktu memasuki siang hari, maka hindarilah berlama-lama berada di terik matahari serta kurangi segala aktifitas fisik Anda.
  • Jika Anda mempunyai waktu untuk sedikit mengistirahatkan tubuh Anda, maka lakukanlah dengan cara tidur, hal ini bertujuan untuk mengganti waktu tidur Anda yang kurang akibat bangun yang lebih awal untuk santap sahur. Adapun waktu setelah melakukan sholat dhuhur merupakan waktu yang paling tepat untuk melakukannya.
  • Jika Anda mempunyai waktu senggang pada sore hari, maka sempatkanlah untuk melakukan olahraga di sore hari seperti jalan sore, yoga, ataupun bersepeda santai. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebugaran tubuh Anda serta membantu memperlancar peredaran darah Anda.

Tips menjaga kesehatan selama ramadhan saat buka puasa

  • Ketika waktu berbuka telah tiba, maka kurma kering sangatlah baik untuk Anda. Selain itu, saat berbuka usahakan jangan terlalu makan secara berlebihan. Sangat disarankan ketika Anda buka puasa, konsumsilah kurma atau minuman yang manis, seperti jus buah, susu, atau air putih. Hal ini untuk mengganti cairan tubuh yang hilang selama Anda berpuasa
  • Setelah Anda melakukan sholat maghrib, konsumsilah segera hidangan utama dengan menu yang seimbang. Sesuaikan dengan porsi Anda, dan jangan terlalu berlebihan. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan
  • Saat berbuka puasa, sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi gorengan secara berlebihan, serta selalu batasi diri Anda agar jangan mengkonsumsi makanan yang pedas. Hal itu bertujuan agar perut Anda tidak bermasalah sehingga mengganggu pencernaan tubuh Anda
  • Saat berbuka puasa, selalu cukupi asupan air pada tubuh Anda. Usahakan untuk selalu meminum setidaknya lima gelas air putih sebelum Anda beristirahat untuk tidur.

Itulah beberapa informasi mengenai tips menjaga kesehatan selama Ramadhan. Semoga puasa Anda berjalan dengan lancar.