Penyakit Kolera Serang Warga Yaman

Penyakit Kolera Serang Warga Yaman

- in Internasional
290
0
kolerafoto: wikipedia

LINES Indonesia – Komite Palang Merah Internasional (ICRC) telah menyebutkan jumlah korban tewas akibat kolera mencapai 184 orang dan sebanyak 8.500 orang dirawat. “Ini adalah wabah kolera yang serius,” ungkap Dominik Stillhart, operation director of ICRC.

Kementerian Kesehatan Yaman meminta bantuan organisasi kemanusiaan serta organisasi sosial lainnya untuk menangani wabah ini dan mencegah bencana yang pernah terjadi sebelumnya. Hal ini juga diungkapkan oleh Menteri Kesehatan Houthi, Mohamed Saleem bin Hafeed, “Akibat dari degradasi perang selama lebih dari dua tahun yang berimbas pada sistem kesehatan di Yaman, dan tidak dapat diatasi.

“WHO sebelumnya juga mengumumkan, dalam dua pekan, korban tewas sejumlah 51 orang dan 58 kasus lainnya telah dikonfirmasi.

kolera
foto: iraqtradelinknews

Sana’a yang merupakan ibukota Yaman yang kini tengah diduduki oleh pemberontak Houthi, adalah lokasi wabah kolera terparah menurut data WHO. Terjebak dengan konflik pemberontak, membuat dua pertiga penduduk Yaman tidak memiliki akses air minum yang aman, bahkan fasilitas medis juga terbatas. Provinsi terparah selain Sana’a adalah Amanah al-Semah, Taiz, Hodeidah, dan Aden.

Wabah kolera ini merupakan wabah kedua yang menyebar melalui kontaminasi makanan dan minuman kurang dari satu tahun. Doctors Without Borders (MSF) juga khawatir otoritas kesehatan saja tidak akan mampu menangani wabah itu. “MSF menyeru organisasi-organisasi internasional meningkatkan bantuan mereka untuk membatasi penyebaran wabah dan mengantisipasi potensi wabah yang lain,” kata organisasi itu dalam satu pernyataan.