Melalui Platform ini Anda dapat melihat Titik Banjir di Jakarta

Melalui Platform ini Anda dapat melihat Titik Banjir di Jakarta

- in Jakarta, Teknologi
498
0
Titik Banjir di JakartaTitik Banjir di Jakarta

LinesIndonesia – Mulai dari dini hari tadi sampai dengan siang hari ini (21/2), hujan terus mengguyur hampir di seluruh wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. Akibatnya di beberapa wilayah tergenang banjir dengan ketinggian yang beragam, mulai dari 20 cm hingga 150 cm.

Berdasarkan laporan yang diterima dari BPBD DKI Jakarta, ada sedikitnya 54 titik genangan yang tersebar di sebagian wilayah DKI Jakarta.

Bagi Anda yang ingin mengetahui perkembangan mengenai banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, Anda dapat memanfaatkan sebuah platform interaktif yang bernama PetaBencana.id untuk memantau secara real time daerah-daerah yang terdampak banjir di beberapa wilayah.

Pada platform tersebut, Anda akan menemukan beberapa ikon air dan warna. Ikon air digunakan untuk menandai daerah yang terkena banjir, adapun ketinggian air ditandai dengan warna kuning, cokelat dan merah.

Masing-masing warna menunjukkan tingat ketinggian air yang berbeda, warna merah untuk kedalaman diatas 150 cm, warna cokelat untuk kedalaman air 70-150 cm, sedangkan untuk warna kuning menandakan bahwa kedalaman air di wilayah tersebut berkisar antara 10-70 cm.

Selain ikon air, platform ini juga menampilkan ikon pintu air dengan warna-warna yang berbeda. Jika ikon pintu air berwarna merah menandakan bahwa permukaan air di pintu air tersebut dalam kondisi Siaga 1, warna jingga kondisi Siaga 2, warna kuning kondisi Siaga 3, dan warna hijau kondisi Siaga 4.

Anda juga dapat mengklik simbol air yang terdapat pada platform tersebut untuk dapat melihat informasi ketinggian air di wilayah tersebut lengkap dengan fotonya.

Cara kerja platform ini yaitu dengan memanfaatkan laporan yang diterima melalui media social dengan akun twitter @petabencana serta melalui aplikasi telegram dengan akun @BencanaBot. Selanjutnya PetaBencana.id akan mengumpulkan, menyortir dan menampilkan informasi tersebut.

Selain menampilkan bencana banjir di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya, PetaBencana.id juga menampilkan bencana – bencana yang terjadi di wilayah Bandung dan Surabaya.

Perlu Anda ketahui bahwa platform PetaBencana.id ini juga bermitra dengan beberapa aplikasi dan institusi pemerintah yang khusus menanggulangi bencana di seluruh Indonesia yaitu BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana) sehingga dapat menampilkan informasi terkait bencana secara real time dan akurat.