Jangan Buang Kulitnya! Ini Manfaatnya

Jangan Buang Kulitnya! Ini Manfaatnya

- in Daerah, Jakarta, Jawa Barat, Kesehatan, Lampung, News, Umum
399
0
Manfaat kulit jeruk - via detik

LINESIndonesia – Ketika kita ingin menikmati jeruk, tentunya kita akan membuang begitu saja kulitnya. Padahal, tanpa kita sadari kulit jeruk memiliki banyak manfaat bagi kesehatan dan juga kenyamanan rumah. Berikut ini ialah lima manfaat kulit jeruk yang akan membuat Anda berpikir dua kali untuk membuang kulit jeruk seperti dilansir Daily Mail.

1. Memutihkan gigi

Salah satu cara alami dan murah untuk memutihkan gigi ialah dengan menggosokkan bagian luar kulit jeruk pada gigi. Salah satu yang berperan dalam metode memutihkan gigi sederhana ini ialah kandungan D-limonene pada kulit jeruk. D-limonene merupakan minyak alami yang biasa ditemukan pada kulit jeruk, limau dan juga lemon. Mengingat kulit jeruk tidak seasam daging buah jeruk, menggosokkan kulit jeruk pada gigi tidak akan mengikis email gigi.

2. Mencerahkan wajah

Kulit wajah yang kusam dan kering akan membuat penampilan terlihat tak segar. Untuk mengatasi masalah kulit tersebut, banyak orang yang mengandalkan perawatan wajah dengan harga yang cukup mahal. Padahal kulit jeruk dapat menjadi alternatif yang murah, mudah dan alami untuk mengatasi kulit kusam dan kering. Cara memanfaatkan kulit jeruk untuk mencerahkan kulit ialah dengan menambahkan parutan kulit jeruk ke dalam masker wajah. Campuran parutan kulit jeruk dalam masker akan membuat wajah lebih bersinar.

3. Relaksasi

Ilmuwan Brazil mengungkapkan bahwa aroma jeruk dapat mengurangi kegelisahan serta rasa tertekan. Di samping itu, aroma jeruk juga dapat membantu kelancaran pencernaan serta mendorong kesehatan perut. Aroma jeruk ini dapat dikeluarkan dengan cara menggiling kulit jeruk dan membiarkannya kering di ruangan, atau memasukkan kulit jeruk ke dalam lilin sehingga aroma akan keluar ketika lilin dinyalakan.

4. Menyegarkan oven

Oven yang tidak dibersihkan secara berkala dapat membuat aroma oven menjadi tidak sedap. Untuk membuat oven tetap beraroma segar, kulit jeruk dapat menjadi solusi. Meletakkan kulit jeruk di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius selama 15 hinga 20 menit sudah cukup untuk mengusir aroma tak sedap dari dalam oven.

5. Membuat logam tetap bersinar

Produk pembersih kimia biasanya dengan mudah menempel pada berbagi peralatan dapur yang terbuat dari logam. Selain itu, sidik jari dan lemak juga dapat dengan mudah membuat peralatan dapur dari logam kehilangan sinar yang berkilau. Kandungan D-limonene pada kulit jeruk dapat membuat berbagai peralatan dapur dari logam kembali terlihat bersinar. Yang perlu dilakukan ialah menggosokkan kulit jeruk pada peralatan dapur dari logam.