Kejutan Verstappen Junior di Grand Prix Spanyol

Kejutan Verstappen Junior di Grand Prix Spanyol

- in Olahraga
331
0
Max Verstappenfoto : redbull.com

LINES – Usianya baru genap 18 tahun saat memenangkan GP Spanyol di Sircuit de Catalunya, Barcelona kemarin (15/5). Namun ia berhasil mencapai finish 0,616 detik lebih dulu daripada Kimi Raikkonen, seniornya.

Terlebih lagi, pebalap muda asal Belanda yang telah mengantongi lisensi sebagai pebalap F1 sejak belum genap 17 tahun itu memenangkan balapannya yang pertama bersama Red Bull. Sejak 2014, saat menjalani test driver untuk Scuderia Toro Rosso, Max Verstappen telah mengejutkan. Hingga di tahun yang sama, ia ditunjuk Toro Rosso mengisi kekosongan Daniil Kvyat yang pindah ke Red Bull saat itu.

Ia kembali bertukar tempat dengan Kvyat pada GP Spanyol ini dan berhasil mengungguli senior-seniornya termasuk Lewis Hamilton dan Nico Rosberg, bahkan rekan se-timnya Daniel Ricciardo harus puas pada finish keempat.

Munculnya Verstappen sebagai pebalap F1 termuda mengalahkan rekor pebalap termuda Sebastian Vettel (21), sempat mengubah regulasi F1 terkait batasan usia. Kini ditetapkan batas usia pebalap minimal 18 tahun. Saat Verstappen mengantongi ijin balap semusim sebelumnya, ia sudah tidak terkena peraturan tersebut.

Awal debut di Scuderia Toro Rosso, Max Verstappen jarang memenangkan F1, ia diklaim memuaskan dengan duduk di urutan 12 klasemen dengan poin 49 dan hasil terbaik finish keempat di Hongaria dan Amerika Serikat. Pada awal tahun 2016 ini juga, anak dari mantan pebalap F1 Josh Verstappen, masih belum membukukan kemenangan dan harus puas di posisi 10, 6, dan 8.

Aksi Verstappen yang mulus di Catalunya tak lepas dari pemilihan ban. Setelah tak nyaman dengan ban soft pada stint pertama, Verstappen dan timnya memutuskan mengganti dengan ban medium. “Dari sana saya merasa nyaman dan tinggal menjaga kecepatan. Dan hal itu dapat bertahan hingga akhir,” ujar Verstappen dilansir detik.

“Balapan ini seperti sebuah ketahanan untuk saya terutama di lima putaran terakhir, saya tidak percaya jika sedang memimpin balapan dan semuanya berjalan lancar,” akunya.