Ini Dia Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

Ini Dia Cara Menghitung Passing Grade SBMPTN

- in Pendidikan
17550
0
Passing Grade SBMPTNPassing Grade SBMPTN

LINES – SBMPTN Merupakan seleksi yang dilakukan oleh PTN secara bersama di bawah koordinasi Panitia Pusat dengan seleksi berdasarkan hasil ujian tertulis dalam bentuk cetak (Paper Based Testing) atau menggunakan komputer (Computing Based Testing), atau kombinasi hasil ujian tertulis dan ujian keterampilan calon mahasiswa.

Baca : Ini dia beda SNMPTN dengan SBMPTN

Lantas, apa yang dimaksud dengan passing grade?

Passing grade biasanya di tampilkan dalam bentuk persentase. Setiap tahun dengan adanya faktor peminat dan kemampuan dari calon mahasiswa maka passing grade biasanya akan selalu berubah.

Biasanya juga website resmi dari SBMPTN tidak pernah mengeluarkan data resmi passing grade jurusan di perguruan tinggi di Indonesia. Bisanya blog atau website informasi SBMPTN menampilkan nilai passing grade berdasarkan prediksi.

Nah, sekarang mari kita lihat bagaimana cara perhitungan Passing Grade.

Passing Grade = {(B x 4) – (s x 1) x 100}/{JS x 4}

Keterangan :

B = Jumlah jawaban benar

S = Jumlah jawaban salah

JS = Jumlah soal

Proporsi bobot SBMPTN adalah sebagai berikut :

Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) : 30%

Tes Bidang Studi Prediktif (TBSP) : 70%

Cara Menghitung :

(30% dari nilai TKPA + 70% dari nilai TBSP)/100 = Passing Grade

Nah, sekarang anda sudah bisa melihat potensi kemampuan anda kira-kira mampu dimana. Sekarang selain kemampuan diri mengerjakan soal SBMPTN. Ada baiknya anda pula mempertimbangkan beberapa hal dalam memilih jurusan yang anda inginkan.

Pertama, cari tahu potensi ruang kerja setelah lulus kuliah. Semakin mudah untuk bekerja dengan penghasilan yang lumayan tentunya ini bisa menjadi prioritas anda untuk menjadikan jurusan tersebut pilihan utama untuk anda.

Point selanjutnya adalah gambaran mengenai pelajaran dari jurusan yang dipilih, teknik bekerja dalam jurusan.

Alhasil jangan lupa untuk senantiasa berdoa dan beristikhoroh. Mana yang sekiranya memang baik buat anda dan masa depan anda.

Selamat ber SBMPTN.